RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka: Panduan Lengkap untuk Guru

Rpp fikih kelas 4 kurikulum merdeka – Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka hadir untuk memberikan panduan komprehensif bagi guru dalam menyusun dan melaksanakan pembelajaran yang efektif. Dengan struktur dan komponen yang jelas, RPP ini memastikan pencapaian tujuan pembelajaran sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.

RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka juga dilengkapi dengan materi ajar yang komprehensif, metode pembelajaran yang inovatif, serta teknik penilaian yang tepat. Guru akan dipandu untuk menciptakan proses pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka

RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka merupakan panduan bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. RPP ini dirancang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pengembangan kompetensi siswa secara holistik.

Struktur dan Komponen RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka

  • Identitas RPP
  • Kompetensi Inti
  • Kompetensi Dasar
  • Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Tujuan Pembelajaran
  • Materi Pembelajaran
  • Metode Pembelajaran
  • Media Pembelajaran
  • Langkah-langkah Pembelajaran
  • Penilaian

Langkah-langkah Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran dalam RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka meliputi:

  • Pendahuluan (10 menit)
  • Inti (60 menit)
  • Penutup (10 menit)

Tips Membuat RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka yang Efektif

  • Sesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.
  • Gunakan metode pembelajaran yang bervariasi.
  • Integrasikan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran.
  • Lakukan refleksi dan evaluasi setelah pelaksanaan pembelajaran.

Tujuan Pembelajaran RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Tujuan pembelajaran RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka berfokus pada pengembangan kompetensi siswa dalam memahami dan mengamalkan ajaran fikih dasar. Tujuan ini selaras dengan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang telah ditetapkan dalam kurikulum.

KD 3.4: Memahami Fikih Thaharah

  • Siswa dapat menjelaskan pengertian thaharah dan macam-macamnya.
  • Siswa dapat mempraktikkan tata cara wudu, tayamum, dan mandi wajib.

KD 3.5: Memahami Fikih Salat

  • Siswa dapat menjelaskan syarat dan rukun salat.
  • Siswa dapat mempraktikkan tata cara salat secara lengkap.

KD 3.6: Memahami Fikih Puasa

  • Siswa dapat menjelaskan pengertian puasa dan jenis-jenisnya.
  • Siswa dapat mempraktikkan tata cara berpuasa.

KD 3.7: Memahami Fikih Zakat

  • Siswa dapat menjelaskan pengertian zakat dan syarat wajibnya.
  • Siswa dapat mempraktikkan tata cara menghitung dan menyalurkan zakat.

KD 3.8: Memahami Fikih Haji

  • Siswa dapat menjelaskan pengertian haji dan syarat wajibnya.
  • Siswa dapat mempraktikkan tata cara ibadah haji.

Materi Ajar RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka

RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka dirancang untuk membekali siswa dengan pemahaman dasar tentang ajaran agama Islam. Materi ajar dalam RPP ini mencakup berbagai topik yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, seperti ibadah, akhlak, dan muamalah.

Berikut ini adalah beberapa materi ajar utama yang terdapat dalam RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka:

Ibadah

  • Pengertian ibadah dan macam-macamnya
  • Rukun dan syarat shalat
  • Tata cara wudhu dan mandi wajib
  • Puasa dan zakat
  • Haji dan umrah

Akhlak

  • Pengertian akhlak dan jenis-jenisnya
  • Akhlak terpuji dan tercela
  • Adab terhadap orang tua, guru, dan teman
  • Menghormati perbedaan dan toleransi
  • Menjadi pribadi yang bertanggung jawab

Muamalah

  • Pengertian muamalah dan jenis-jenisnya
  • Jual beli dan sewa menyewa
  • Pinjaman dan utang piutang
  • Pernikahan dan perceraian
  • Waris dan hibah

Metode Pembelajaran RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka

RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka menekankan metode pembelajaran yang aktif, inovatif, dan menyenangkan. Metode ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang ajaran Islam dan mendorong mereka menjadi praktisi yang saleh.

Metode Pembelajaran Inovatif

  • Pembelajaran Berbasis Masalah:Menyajikan siswa dengan masalah atau situasi kehidupan nyata yang berkaitan dengan fikih. Siswa menganalisis masalah, mengidentifikasi solusi, dan menerapkan prinsip fikih untuk menemukan jawaban yang tepat.
  • Pembelajaran Berbasis Proyek:Siswa mengerjakan proyek yang berfokus pada topik fikih tertentu. Mereka meneliti, menganalisis, dan mempresentasikan temuan mereka, yang memperdalam pemahaman mereka tentang materi.
  • Pembelajaran Kooperatif:Siswa bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas fikih. Mereka berkolaborasi, berbagi ide, dan saling mendukung, yang meningkatkan keterampilan sosial dan pemahaman mereka.

Metode Pembelajaran Kreatif

  • Bermain Peran:Siswa memerankan situasi kehidupan nyata yang melibatkan isu fikih. Hal ini membantu mereka memahami perspektif yang berbeda dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis.
  • Bercerita:Guru menceritakan kisah-kisah yang mengilustrasikan prinsip fikih. Cerita membantu siswa terhubung dengan materi dan membuatnya lebih bermakna.
  • Pembelajaran Berbasis Teknologi:Guru memanfaatkan teknologi seperti aplikasi, video, dan simulasi untuk membuat pembelajaran fikih lebih interaktif dan menarik.

Media dan Sumber Belajar RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Dalam penyusunan RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka, pemilihan media dan sumber belajar yang tepat sangatlah penting untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif. Media dan sumber belajar yang bervariasi dapat meningkatkan pemahaman siswa, membuat pembelajaran lebih menarik, dan memfasilitasi keterlibatan aktif mereka.

Jenis Media dan Sumber Belajar

  • Media Cetak:Buku teks, modul, handout, poster, peta, grafik
  • Media Elektronik:Komputer, laptop, tablet, proyektor, audio visual, aplikasi pembelajaran
  • Media Realia:Benda-benda nyata yang terkait dengan materi pembelajaran, seperti peralatan ibadah, kitab suci
  • Media Alam:Lingkungan sekitar yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar, seperti masjid, tempat wudhu
  • Media Sosial:Platform media sosial yang berisi konten edukatif terkait materi fikih

Dukungan Proses Pembelajaran

Media dan sumber belajar yang dipilih harus sesuai dengan tujuan pembelajaran dan materi ajar. Penggunaan media yang tepat dapat:

  • Menarik perhatian siswa dan meningkatkan motivasi belajar
  • Menyajikan informasi secara visual dan mudah dipahami
  • Membantu siswa dalam memahami konsep yang abstrak
  • Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah
  • Menyediakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan

Contoh Media dan Sumber Belajar

Berikut adalah beberapa contoh media dan sumber belajar yang dapat digunakan dalam RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka:

  • Buku teks fikih yang sesuai dengan kurikulum
  • Modul pembelajaran yang memuat materi fikih secara ringkas
  • Aplikasi pembelajaran interaktif yang menyajikan materi fikih dalam bentuk permainan atau kuis
  • Poster dan peta yang menggambarkan tata cara ibadah atau lokasi tempat ibadah
  • Video dokumenter tentang praktik ibadah dalam masyarakat

Dengan memanfaatkan media dan sumber belajar yang beragam dan sesuai, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung keberhasilan pembelajaran siswa dalam mata pelajaran Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka.

Penilaian RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Penilaian dalam RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka memegang peranan penting untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran dan perkembangan siswa. Berikut adalah penjelasan mengenai teknik penilaian yang dapat digunakan serta aspek-aspek yang dinilai dalam penilaian tersebut.

Teknik Penilaian

  • Penilaian Formatif:Dilakukan secara berkelanjutan selama proses pembelajaran untuk memantau kemajuan siswa dan memberikan umpan balik.
  • Penilaian Sumatif:Dilakukan pada akhir suatu periode pembelajaran untuk mengukur pencapaian siswa secara keseluruhan.
  • Penilaian Otentik:Menilai kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilannya dalam situasi nyata.

Aspek yang Dinilai

  • Pengetahuan:Pemahaman siswa tentang konsep, fakta, dan prinsip fikih.
  • Keterampilan:Kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan fikih dalam kehidupan sehari-hari, seperti shalat, wudu, dan puasa.
  • Sikap:Sikap positif siswa terhadap ajaran fikih dan penerapannya dalam kehidupan.

Contoh Instrumen Penilaian

  • Observasi:Pengamatan langsung terhadap perilaku siswa selama proses pembelajaran.
  • Tes Tertulis:Ujian tertulis untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman siswa.
  • Tugas Praktik:Penugasan yang mengharuskan siswa mempraktikkan keterampilan fikih, seperti melakukan shalat atau wudu.

Refleksi RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Refleksi merupakan bagian integral dalam penyusunan RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Refleksi memungkinkan guru untuk mengevaluasi efektivitas RPP dan mengidentifikasi area untuk perbaikan.

Refleksi RPP dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

Panduan Melakukan Refleksi RPP

  • Mengamati proses pembelajaran:Amati bagaimana siswa berinteraksi dengan materi dan kegiatan dalam RPP.
  • Mendokumentasikan observasi:Catat pengamatan tentang partisipasi siswa, kesulitan yang dihadapi, dan keberhasilan yang dicapai.
  • Merefleksikan observasi:Analisis observasi untuk mengidentifikasi area kekuatan dan kelemahan dalam RPP.
  • Mencari umpan balik:Mintalah umpan balik dari siswa, rekan kerja, atau supervisor untuk mendapatkan perspektif tambahan.

Manfaat Refleksi RPP, Rpp fikih kelas 4 kurikulum merdeka

  • Peningkatan kualitas RPP:Refleksi membantu guru mengidentifikasi area untuk perbaikan dan membuat penyesuaian yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitas RPP.
  • Pengembangan profesional guru:Refleksi mendorong guru untuk secara kritis mengevaluasi praktik pengajaran mereka dan mengidentifikasi peluang untuk pertumbuhan profesional.
  • Peningkatan hasil belajar siswa:Dengan merefleksikan dan meningkatkan RPP, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Ringkasan Terakhir

Dengan mengimplementasikan RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka, guru dapat memastikan tercapainya tujuan pembelajaran, mengembangkan keterampilan siswa, dan menumbuhkan kecintaan terhadap ilmu agama.

FAQ Umum

Apa tujuan utama RPP Fikih Kelas 4 Kurikulum Merdeka?

Tujuan utama RPP ini adalah untuk memberikan panduan bagi guru dalam menyusun dan melaksanakan pembelajaran Fikih yang efektif, sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam Kurikulum Merdeka.