Pengertian Wawancara: Percakapan yang Menggali Informasi

Halo, pencari ilmu! Pernahkah kalian penasaran bagaimana cara mendapatkan informasi yang akurat dan mendalam? Wawancara adalah jawabannya! Dalam percakapan yang terstruktur ini, kita akan menyelami pengertian wawancara dan mengungkap teknik-tekniknya.

Wawancara adalah percakapan terstruktur antara pewawancara dan narasumber untuk memperoleh informasi. Nah, seperti halnya wawancara yang memberikan informasi, teks eksplanasi juga bertujuan menjelaskan suatu fenomena dengan pengertian teks eksplanasi yang jelas. Kembali ke wawancara, percakapan ini dapat membantu kita memahami perspektif dan pengalaman orang lain, lho!

Wawancara adalah proses tanya jawab yang dilakukan untuk memperoleh informasi dari individu atau kelompok. Tujuan utamanya adalah untuk mengumpulkan data, menggali pendapat, atau mengevaluasi kinerja.

Pengertian Wawancara

Wawancara merupakan suatu proses komunikasi dua arah yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih, di mana satu pihak (pewawancara) mengajukan pertanyaan dan pihak lain (peserta wawancara) memberikan jawaban atau informasi.

Wawancara sering dilakukan dalam berbagai situasi, seperti:

  • Perekrutan karyawan
  • Penelitian sosial
  • Pengumpulan berita
  • Evaluasi kinerja

Tujuan utama wawancara adalah untuk memperoleh informasi, pendapat, atau pandangan dari peserta wawancara mengenai suatu topik tertentu.

Jenis-jenis Wawancara

Secara umum, wawancara dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, antara lain:

Wawancara Terstruktur, Pengertian wawancara

Dalam wawancara terstruktur, pewawancara menggunakan daftar pertanyaan yang telah ditentukan sebelumnya dan diajukan kepada semua peserta wawancara dengan urutan yang sama.

Wawancara Semi-Terstruktur

Wawancara semi-terstruktur menggunakan daftar pertanyaan sebagai panduan, tetapi pewawancara memiliki fleksibilitas untuk mengajukan pertanyaan tambahan atau mengganti urutan pertanyaan sesuai kebutuhan.

Wawancara Tidak Terstruktur

Wawancara tidak terstruktur tidak menggunakan daftar pertanyaan yang telah ditentukan. Pewawancara memiliki kebebasan untuk mengajukan pertanyaan apa pun yang mereka anggap relevan dengan topik wawancara.

Tahapan Wawancara

Tahap Tujuan Aktivitas
Persiapan Mempersiapkan pertanyaan dan materi wawancara – Menentukan tujuan wawancara- Menyusun daftar pertanyaan- Mengumpulkan informasi latar belakang tentang peserta wawancara
Pembukaan Membangun hubungan dan menciptakan suasana yang nyaman – Menyapa peserta wawancara- Menjelaskan tujuan wawancara- Membahas prosedur wawancara
Pertanyaan dan Jawaban Mengumpulkan informasi dari peserta wawancara – Mengajukan pertanyaan- Mendengarkan jawaban peserta wawancara- Mengajukan pertanyaan klarifikasi
Penutupan Menyimpulkan wawancara dan membangun hubungan baik – Meringkas poin-poin utama wawancara- Menanyakan apakah peserta wawancara memiliki pertanyaan- Mengucapkan terima kasih

Peran Pewawancara dan Peserta Wawancara: Pengertian Wawancara

Peran Pewawancara

  • Mempersiapkan dan memimpin wawancara
  • Mengajukan pertanyaan yang relevan dan jelas
  • Mendengarkan jawaban peserta wawancara secara aktif
  • Menjaga suasana wawancara yang nyaman dan profesional

Peran Peserta Wawancara

Pengertian wawancara

  • Menjawab pertanyaan pewawancara dengan jujur dan akurat
  • Memberikan informasi yang relevan dengan topik wawancara
  • Mengajukan pertanyaan untuk mengklarifikasi atau memperluas topik
  • Berpartisipasi aktif dalam wawancara

Terakhir

Jadi, itulah pengertian wawancara, sebuah proses yang penting dalam berbagai bidang kehidupan. Dari mencari pekerjaan hingga penelitian ilmiah, wawancara memungkinkan kita untuk terhubung dengan orang lain dan mendapatkan wawasan yang berharga. Ingatlah, kunci sukses wawancara adalah persiapan, keterampilan komunikasi yang baik, dan sikap yang positif.

Wawancara, sebuah percakapan yang terstruktur untuk mendapatkan informasi, ibarat sebuah jendela yang membuka wawasan kita. Melalui wawancara, kita bisa memahami perspektif orang lain dan mendalami perubahan sosial yang terjadi di sekitar kita. Perubahan sosial, sebagaimana dijelaskan di sini , adalah transformasi bertahap atau mendadak dalam struktur, organisasi, dan pola masyarakat.

Wawancara berperan penting dalam mengungkap dinamika perubahan ini, membantu kita memahami faktor pendorong, dampak, dan konsekuensinya. Jadi, wawancara tidak hanya sekadar percakapan, melainkan sebuah alat untuk mengungkap kompleksitas dunia kita yang terus berubah.

FAQ Lengkap

Apa saja jenis-jenis wawancara?

Ada beberapa jenis wawancara, seperti wawancara terstruktur, tidak terstruktur, dan semi-terstruktur.

Apa peran pewawancara dalam wawancara?

Pewawancara bertanggung jawab untuk memfasilitasi percakapan, mengajukan pertanyaan, dan mencatat jawaban.

Wawancara adalah percakapan terstruktur untuk mendapatkan informasi. Nah, kalau kamu penasaran sama pengertian teks editorial , itu adalah tulisan opini yang dimuat di media massa. Kembali ke wawancara, teknik ini digunakan untuk mengumpulkan data atau mengeksplorasi perspektif seseorang. Dengan wawancara, kita bisa menggali informasi mendalam yang nggak bisa didapat dari sekadar observasi atau membaca teks.

Apa saja teknik yang efektif untuk melakukan wawancara?

Teknik yang efektif antara lain mendengarkan secara aktif, mengajukan pertanyaan terbuka, dan menggunakan bahasa tubuh yang positif.